TEKS Ceramah Khutbah Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H Tahun 2024

- 28 Mei 2024, 09:10 WIB
Teks Khutbah. TEKS Ceramah Khutbah Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H Tahun 2024
Teks Khutbah. TEKS Ceramah Khutbah Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H Tahun 2024 /pexels,com

PORTAL BELITUNG - Tak terasa dalam beberapa hari lagi, umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H. Pada hari raya ini, ada ibadah sunnah yang selalu dikerjakan sebelum melakukan ibadah kurban, yakni shalat Idul Adha.

Pada pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 H, seorang khatib biasanya akan mempersiapkan teks ceramah khutbah yang akan disampaikan usai mengerjakan shalat Idul Adha 2 rakaat pada pagi hari 10 Dzulhijjah.

Teks khutbah ini berisi tentang makna Hari Raya Iudl Adha, asal perayaan Idul Adha, hingga hikmah yang bisa dipetik dari hari raya ini.

Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 17 Juni 2024. Di momen istimewa ini, umat Islam merayakan hari raya kurban dengan penuh khidmat dan kegembiraan.

Baca Juga: CONTOH Teks Khutbah Shalat Idul Adha Lengkap dari Awal Hingga Akhir

Semangat berbagi dan berkurban sangat terasa dalam hari raya ini. Tak hanya itu, hari raya Idul Adha juga memperkuat rasa persaudaraan dan kepedulian antar sesama.

Dilansir dari nu.or.id, berikut teks ceramah khutbah shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H tahun 2024.

Teks Bacaan Khutbah Shalat Idul Adha 1445 H

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ. اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ. اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ

اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً،

لَاإِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لاَإِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ،

اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ اْلحَمْدُ الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقَهُ الْقُرْآنُ، أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمْ إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمُ

 

Ma’asyiral Muslimin wal Muslimat, jamaah shalat Idul Adha rahimakumullah,

Tiada ungkapan lain yang harus kita ucapkan selain kalimat Alhamdulillahirabbil alamin atas anugerah nikmat yang telah dikaruniakan kepada kita semua. Di antara nikmat yang tak bisa kita hitung satu persatu ini adalah kasih sayang Allah pada kita berupa umur panjang dan kesehatan sehingga kita masih bisa bertemu dengan Hari Raya Idul Adha. Banyak saudara-saudara kita yang telah mendahului kita menghadap Allah swt dan juga mereka yang saat ini terbaring dalam kondisi sakit sehingga tidak bisa bersama-sama dengan kita beribadah di tempat yang mulia ini.

Halaman:

Editor: Ayu Wiyanto

Sumber: nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah