Jumlah Takbir Shalat Idul Adha Berapa Kali? Simak Niat Tata Cara Shalat Idul Adha Lengkap

- 28 Mei 2024, 07:53 WIB
Ilustrasi shalat Id jamaah. Jumlah Takbir Shalat Idul Adha Berapa Kali? Simak Niat Tata Cara Shalat Idul Adha Lengkap
Ilustrasi shalat Id jamaah. Jumlah Takbir Shalat Idul Adha Berapa Kali? Simak Niat Tata Cara Shalat Idul Adha Lengkap /tangkapan layar youtube.com/ Agus Haryanto

PORTAL BELITUNG - Berapa kali takbir pada pelaksanaan shalat Idul Adha? Simak tata cara pelaksanaan shalat Idul Adha, berapa kali takbir, niat hingga jumlah rakaat.

Idul Adha atau Hari Raya Kurban, adalah hari raya besar yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia selama tiga hingga empat hari.

Kebanyakan umat Islam akan menghadiri salat khusus yang diadakan di masjid-masjid besar atau lapangan-lapangan luas untuk melaksanakan shalat Id ini. Umat Islam biasanya memakai baju terbaik, dan kegiatan sekolah hingga bekerja pun diliburkan.

Idul Adha memiliki makna khusus karena Hari Kurban menandai klimaks haji atau ziarah, rukun Islam yang kelima. Ibadah haji tahunan di Mekah dan Madinah, Arab Saudi merupakan kewajiban hanya bagi pria dan wanita yang mampu secara fisik dan finansial untuk menunaikannya sekali seumur hidup.

Baca Juga: Urutan Tata Cara Shalat Idul Adha yang Benar: Jumlah Rakaat, Niat, Jumlah Takbir Hingga Bacaannya

Riwayat dari Anas bin Malik, ia berkata,

ضَحَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ قَالَ وَرَأَيْتُهُ يَذْبَحُهُمَا بِيَدِهِ وَرَأَيْتُهُ وَاضِعًا قَدَمَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا قَالَ وَسَمَّى وَكَبَّرَ

“Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam berkurban dengan dua ekor kambing kibasy putih yang telah tumbuh tanduknya. Anas berkata : “Aku melihat beliau menyembelih dua ekor kambing tersebut dengan tangan beliau sendiri. Aku melihat beliau menginjak kakinya di pangkal leher kambing itu. Beliau membaca basmalah dan takbir” (HR. Bukhari no. 5558 dan Muslim no. 1966).

Idul Adha dilaksanakan setiap tanggal 10 Zulhijjah, dan pada tahun 2024 ini diperkirakan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024. Tepat tanggal 10 Zulhijjah tersebut, seluruh umat Islam disunnahkan untuk mengerjakan shalat Idul Adha, bagaimana caranya? Yuk simak.

Baca Juga: Bakso Enak di Pangkalpinang Porsi Jumbo, Rekomendasi Warung Bakso Favorit 2024

Halaman:

Editor: Ayu Wiyanto

Sumber: nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah